Program Kerja IDI Cabang Tabanan Periode 2016-2019

NO.BIDANGPROGRAM KERJAPENJELASAN
1ORGANISASIa).Struktur Organisasi/Pengurus IDIa).Tersusun Paling Lambat 1 Bulan setelah Muscab b).Kelengkapan Struktur Organisasi terdiri dari : -Dewan Penasehat IDI Cab.Tabanan (Mantan Ketua IDI Cabang Tabanan)
-Ketua IDI
-Wakil Ketua
-Sekretaris
-Wakil Sekretaris
-Bendahara
-Wakil Bendahara
-Bidang Organisasi,Diklat dan Pengembangan Profesi
-Bidang Pengabdian Profesi dan Masyarakat
-Bidang Olahraga dan Kesenian -Bidang Dokumentasi,Publikasi dan Humas
-Koordinator wilayah
-PENGURUS MKEK
-BADAN KELENGKAPAN BHP2A
-BADAN KELENGKAPAN TP2KB

c).Tersusun Tupoksi Pengurus yang Jelas d).Keterwakilan semua unsur khususnya Praktek Swasta Murni & RS/Klinik Swasta
b).Rapat Kerja Pengurus IDI 2016-2019a).Dilakukan maksimal 1 bulan setelah Dilantik dan Serah terima b).Membahas dan menghasilkan Rencana Kerja Tahunan Pengurus berlandaskan Kebijakan Program Kerja MUSCAB c).Rencana Kerja Tahunan Pengrus IDI yang disepakati tersebut harus disosialisasikan kepada seluruh Anggota.
c).Rapat Pleno BulananRapat Pleno Pengurus dilakukan minimal 1 Bulan sekali (sesuai AD/ART IDI) untuk membahas progress Rencana Kerja
d).Muscab dan Pertemuan TahunanMelaksanakan Muscab Minimal 3 Tahun sekali dan Pertemuan Seluruh Anggota IDI pada setiap akhir tahun sekaligus sosialisasi Progress Rencana Kerja dan Penyampaian hal penting lainnya
e).Mengikuti Muktamar IDI 2018Hadir dalam Muktamar IDI dengan menyerap aspirasi anggota dan masyarakat sebelumnya,selanjutnya mensosialisasikan hasil Muktamar kepada seluruh Anggota IDI Cab.Tabanan.
h).Badan Hukum IDI Cab.Tabanan selaku OrmasMengurus Persyaratan agar IDI Cab.Tabanan terdaftar secara resmi sebagai Ormas,sesuai Peraturan Ormas.
i).Jas IDIMengkoordinir Pembuatan Jas IDI dan Kelengkapannya bagi semua Anggota IDI Cab.Tabanan
j).Arisan BulananMelaksanakan Pertemuan Arisan Bulanan Anggota IDI sekaligus Sosialisasi dan diskusi Informasi
k).Menjalin Hubungan baik dengan Lintas SektorUntuk memperkuat Posisi dan peran IDI maka Pengurus wajib menjalin hubungan baik dengan lintas sektor (Kesehatan dan Non Kesehatan) lewat Koordinasi,Promosi/Perkenalan,pembuatan MOU dll.
l).Mengaktifkan IIDI (Ikatan Istri Dokter Indonesia)Membentuk dan mensosialisasikan kepengurusan IIDI dan membuat Jadwal Pertemuan
j).Mengaktifkan kegiatan Suka-Duka IDIPengurus IDI menginfokan dan mengkoordinir Anggota dalam Mengunjungi dan memberikan Karangan Duka-Cita/Suka-Cita kepada Anggota IDI yang : a).keluarga Inti dan atau kedua orangtuanya MeninggalÂ…b).Mengundang IDI dalam Upacara Keluarga tertentu,terkait Keluarga Inti dan Orangtuanya.
2SEKRETARIATa).AdministrasiMelengkapi Administrasi Kesekretariatan : a).Agenda Surat masuk dan Keluar b).Database Keanggotaan IDI Cab.Tabanan c).Dokumentasi Surat Keputusan dll. d).Format Surat Resmi IDI
b).WebsiteMembuat Website IDI Cab.Tabanan sebagai media Informasi dan interaksi ke anggota dan masyarakat : a).Susunan Pengurus dan Tupoksi b).Rencana Kerja Tahunan IDI beserta Jadwal Kegiatan c).Database Seluruh Anggota IDI Cab.Tabanan dengan Info : Alamat Rumah,Alamat Praktek,Tempat Kerja,No.HP,N0.NPA IDI,No.Serkom dan masa berlakunya,No.STR dan masa berlakunya,No.Ijin Praktek dan masa berlakunya,Daftar Iuran yg sdh terbayar dll. d).Informasi Update (Perturan,Berita dll.) terkait Praktek kedokteran,BPJS dan hal kesehatan lainnya. e).Dokumentasi Kegiatan IDI Cabang Tabanan f).Forum Tanya Jawab/Konsultasi (masyarakat dan Anggota IDI) dll.
c).Lokasi Sekretariat dan Petugas SekretariatMengkoordinir Kemungkinan Menyewa Tempat sebagai Sekretariat dan seorang Petugas Administasi
d).Menarik Bagian Biaya P2KB Periode 5 tahun lalu dan Periode saat iniBerkoordinasi dengan PB IDI cq BP2KB IDI Pusat terkait hak pembagian iuran P2KB (65 % = Rp.130,000,-) bagi IDI Cabang Tabanan u berkas P2KB anggota IDI Cab.tabanan yg terkirim 5 tahun lalu dan saat ini.
e).Persyaratan Anggota IDI BaruMembuat Persyaratan dan SOP untuk diterima menjadi Anggota IDI Cabang Tabanan
f).Persyaratan Surat RekomendasiMembuat Persyaratan dan SOP untuk mendapatkan Rekomendasi IDI Cab.Tabanan
g).laporan semester ke IDI WilayahMengirim laporan semester kegiatan IDI Cab.Tabanan (termasuk Keuangan/Iuran IDI) ke IDI Wilayah Bali.
3BENDAHARA (Keuangan)a).Iuran IDIMenambah Iuran Bulanan IDI Cab.Tabanan sebesar Rp.10,000 untuk kegiatan Operasional IDI Cab.Tabanan,sehingga Total Iuran Bulanan menjadi Rp.25,000,- (Iuran ketetapan Muktamar IDI Rp.15.000,-)
b).Teknis Pemungutan Iuran (Pemungut,Jumlah Minimal Bulan dan Bulan Pembayaran serta cara pembayaran)a).Penyetoran/Pemungutan Iuran IDI dilakukan 6 bulan sekali (setiap Bulan Januari dan Juli) atau setahun sekali (setiap Bulan Januari) b).Teknis Pembayaran : Langsung ke Sekretariat IDI Cab.,via Koordinator wilayah,via pemotongan Gaji berkelompok atau via Transfer ke Rekening IDI Cab.Tabanan dengan menunjukkan Bukti Transfer.
4TP2KBa).Jumlah Keanggotaan Tim P2KB/VerifikatorMinimal 5 orang tdd. : 1 0rang Spesialis,1 orang dokter umum BRSU dan 3 atau 4 orang dokter umum selain dari BRSU.
b).Kalender P2KB (Pembelajaran-Seminar dll.,Profesional,Pengabdian Masyarakat)Membuat dan mensosialisasikan Jadwal/Kalender Tahunan P2KB dengan dasar Pedoman SKP P2KB yang harus dipenuhi dalam 5 tahun dan dalam setahun,sehingga dengan mengikuti Jadwal/Kalender kerja P2KB IDI Cab.Tabanan tersebut,syarat minimal SKP yang dibutuhkan bisa diperoleh oleh seluruh anggota IDI Cab.Tabanan
c).Panduan/Pedoman sederhana Bagi Anggota terkait kegiatan P2KBMenyusun dan mensosialisasikan Panduan/Pedoman yang berisi informasi strategi melaksanakan dan memilih kegiatan P2KB yang merupakan jalan tercepat dan termurah dalam memenuhi SKP yang dipersyaratkan tanpa meninggalkan prinsip kualitas.
5BHP2Aa).Sosialisasi aspek Hukum kedokteranMembuat dan mensosialisasikan Jadwal/kalender kegiatan terkait informasi tentang Hukum dan Peraturan Kedokteran & Kesehatan Minimal 1x setahun
6MKEKa).Sosialisasi Etika Kedokteran UpdateMembuat dan mensosialisasikan Jadwal/kalender kegiatan terkait informasi tentang Perkembangan Etika Kedokteran & hal terkait lainnya Minimal 1x setahun
7Pengabdian Masyarakata).MOU dengan Dinkes atau pihak lain khususnya terkait Kegiatan Pengabdian masyarakatMelakukan koordinasi dengan Dinkes Kab.Tabanan,BRSU dan Pihak terkait lainnya untuk membuat MOU terkait Pengabdian Masyarakat Kolaborasi antara Anggota IDI dengan Instansi Kesehatan tersebut beserta jajarannya (Puskesmas dll.) sehingga anggota IDI bisa mengikuti kegiatan yang tergolong pengabdian masyarakat yang ada di institusi bersangkutan seperti Puskesmas Keliling,P3K,Mobil Sehat,baksos dll.Dasar dari MOU ini untuk kegiatan di Puskesmas salah satu di antaranya adalah Permenkes No.74 tahun 2015 tentang Puskesmas yang menyebutkan Puskesmas memiliki dan bekerjasama dengan jejaring Fasilitas Pelayanan Kesehatan,sektor lain,inter dan antar Profesi di wilayah kerjanya (pasal 6, pasal 7 dan pasal 40) termasuk di antaranya tenaga dokter yang ada di wilayah kerjanya guna mencapai tujuan,visi dan misi Puskesmas. Setelah Anggota IDI berkolaborasi dalam kegiatan dimaksud,maka Kepala/Pimpinan institusi memberikan Sertifikat (surat Keterangan) dengan Nilai SKP 1.
b).Mengadakan Bakti Sosial (Baksos)Membuat dan mensosialisasikan Kalender/Jadwal Baksos minimal 1 tahun sekali