Pelantikan Pengurus IDI Tabanan Masa Bakti 2016-2019

Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Tabanan Periode 2016-2019 resmi dilantik, Sabtu (27/8) di ruang rapat Kantor Bupati Tabanan. Pelantikan dilakukan oleh Ketua IDI wilayah Bali dr. Kompyang Gautama. Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Ketua Komisi IV DPRD Tabanan I Made Dirga.

Bupati Eka dalam sambutannya memberikan selamat kepada pengurus IDI yang dilantik, dirinya mengatakan dokter mempunyai peranan penting dalam memberikan kontribusi yang besar untuk membangun bangsa. “Selamat kepada pengurus IDI cabang Tabanan masa bakti 2016-2019 yang baru di lantik. Rasa terima kasih saya ucapkan kepada para dokter dalam menciptakan masyarakat Tabanan yang sehat,” katanya.

Dikatakannya dengan adanya masyarakat yang sehat, masyarakat akan siap membangun Tabanan yang Serasi. “Cerdas saja tidak cukup untuk membangun bangsa. Diperlukan kesehatan. Cerdas dan Sehat itu yang utama, jika masyarakat sudah sehat, saya yakin mereka siap kita ajak untuk membangun Tabanan Serasi,” tegasnya.

Bupati Eka berpesan kepada para dokter untuk bekerja dengan tulus dan ikhlas karena dokter merupakan harapan masyarakat. “Antara masyarakat dan dokter terdapat hubungan psikologis yang kuat. Dokter menjadi harapan bagi masyarakat. Hal ini harus dibanggakan. Mari kita selalu melayani dengan tulus iklas. Karena ini merupakan bagian dari investasi hati dan karma. Jangan pernah berfikir kita akan mendapat apa, karena semua sudah diatur oleh yang di atas,” ujarnya.

Jalinan kerja sama yang baik dengan pemerintah juga diharapkan untuk bisa bersama-sama memberikan yang terbaik bagi Tabanan. “Jalin kerja yang baik dengan pemerintah, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Saya sangat berharap masukan dan harapan dari IDI, untuk kita sama-sama memberikan yang terbaik bagi Tabanan,” jelasnya.

Bupati Eka berharap semua puskesmas di Tabanan dapat memiliki rawat inap. “Dengan adanya IDI, saya harapkan ke depan semua puskesmas dan klinik di Tabanan ada rawat inap dan fasilitas yang lengkap,” katanya.

Dirinya menambahkan saat ini tingkat kanker serviks di Tabanan juga telah menurun karena adanya pelayanan kanker serviks dan mobil sehat, yang mana dokter ikut langsung terjun ke lapangan. “ Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para dokter, berkat adanya pelayanan kanker serviks dengan mobil sehat tingkat kanker serviks di Tabanan dari 18 persen telah turun menjadi 8 persen. Mudah-mudahan tahun ini bisa menjadi 3 persen,” harapnya.

Sementara itu Ketua IDI wilayah Bali dr. Kompyang Gautama menyampaikan bahwa profesi dokter dikenal sebagai profesi pekerja keras, profesi yang terus belajar sepanjang hayat, dan profesi yang menilai diri sendiri dalam kemampuan menangani pasien. “Profesi dokter dikenal sebagai pekerja keras, dokter menilai dirinya sendiri sampai dimana potensi yang dimiliki dimana potensi ini disumbangkan kepada masyarakat,” jelasnya.

Para dokter diminta menerapkan trias peran dokter, yakni Dokter dituntut untuk mampu berperan sebagai Agent of Treatment, Agent of Change dan Agent of Development. “Dokter harus mampu menjadi Agent of treatment atau agen pengobatan, Agent of change/agen perubahan dimana dokter harus peka terhadap situasi masyarakat, dan Agent of development/agen pembangunan untuk memberikan solusi kepada masyakarat,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia dr. Wayan Arya Putra menambahkan, pelantikan pengurus IDI Cabang Tabanan ini berdasar surat keputusan nomor 00375/PB/A.4/06/2016 tertanggal 21 Juni 2016, dengan 3 struktur baru. “Kepengurusan IDI Cabang Tabanan yang akan dilantik pada hari ini berjumlah 39 orang. Dalam periode 2016-2019 telah dibentuk 3 struktur baru yaitu Dewan Penasehat, yang terdiri dari para Ketua IDI, kemudian yang kedua adalah MKEK/Majelis Kehormatan Etik Kedokteran dan yang ketiga adalah Badan Biro Hukum Pembinaan dan Pembelaan Anggota atau BHP2A,” jelasnya.

One comment on “Pelantikan Pengurus IDI Tabanan Masa Bakti 2016-2019
  1. gusdwi berkata:

    Congratulation!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*